Pages

Tuesday, August 9, 2016

Pengertian IEEE dan jenisnya

Posted by Unknown on 11:40 AM

IEEE adalah organisasi internasional, beranggotakan para insinyur, dengan tujuan untuk mengembangan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.
Sebelumnya IEEE memiliki kepanjangan yang dalam Indonesia berarti Institut Insinyur Listrik dan Elektronik (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Namun kini kepanjangan itu tak lagi digunakan, selain untuk keperluan legal; sehingga organisasi ini memiliki nama resmi IEEE saja[1].
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.[butuh rujukan]
IEEE memiliki lebih dari 415.000 anggota individual yang tersebar dalam lebih dari 150 negara[2]. Aktivitasnya mencakup beberapa panitia pembuat standar, publikasi terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan konferensi

IEEE 802.11g adalah sebuah standar jaringan nirkabel yang bekerja pada frekuensi 2,45 GHz dan menggunakan metode modulasi OFDM. 802.11g yang dipublikasikan pada bulan Juni 2003 mampu mencapai kecepatan hingga 54 Mb/s pada pita frekuensi 2,45 GHz, sama seperti halnya IEEE 802.11 biasa dan IEEE 802.11b. Standar ini menggunakan modulasi sinyal OFDM, sehingga lebih resistan terhadap interferensi dari gelombang lainnya.


IEEE 802.14 mengacu pada keluarga standar IEEE berurusan dengan jaringan area lokal dan jaringan area metropolitan .
Lebih khusus , standar IEEE 802 dibatasi untuk jaringan membawa paket variable-size . Sebaliknya , dalam jaringan sel relay data ditransmisikan dalam singkat , unit berukuran seragam disebut sel . jaringan isochronous , di mana data ditransmisikan sebagai aliran oktet , atau kelompok oktet , pada interval waktu yang teratur , juga keluar dari ruang lingkup standar ini . Jumlah 802 itu hanya nomor berikutnya gratis IEEE bisa menetapkan , [ 1 ] meskipun " 802 " kadang-kadang dikaitkan dengan tanggal pertemuan pertama diadakan - Februari 1980 .

IEEE 802.16 adalah serangkaian standar broadband nirkabel yang ditulis oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers ( IEEE ) . Standar IEEE Dewan membentuk kelompok kerja pada tahun 1999 untuk mengembangkan standar untuk broadband untuk jaringan area metropolitan nirkabel . Workgroup adalah unit dari IEEE 802 jaringan area lokal dan standar jaringan area metropolitan panitia .
Meskipun 802.16 keluarga standar secara resmi disebut WirelessMAN di IEEE , telah dikomersialisasikan dengan nama " WiMAX " ( dari " Worldwide Interoperability for Microwave Access " ) oleh aliansi industri WiMAX Forum . Forum mempromosikan dan menyatakan kompatibilitas dan interoperabilitas produk berdasarkan standar IEEE 802.16 .









1 comments:

Post a Comment

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 
  • teman